Skip to main content

Allah itu Maha Baik, Percaya gak? #KireyCurhat

Assalamualaikum Wr. Wb. !!!
Haloooo hehehe, setelah sekian lama (lagi) akhirnya aku punya kesempatan menulis diblogku yang tanpa kepastian ini.

Kali ini, aku bakal bikin renungan atau mau sharing soal pengalaman hidup yang mungkin berguna untuk nusa bangsa! Ya nama lainnya curahan hati hehe.

Jadi begini, pernah denger gak kalo misal kita berpikir positif pasti hasilnya positif, begitu juga sebaliknya? Kalo iya, kita sama. Itu prinsip yang aku pegang selama satu tahun gapyear.

Dulu, setelah lulus SMA aku sama sekali nggak ada tujuan, ditolak sana sini sama PTN, ngerasa dunia ini nggak adil, ngerasa aku nggak pantes masuk PTN, ngerasa bodoh, ngerasa jadi manusia paling gagal di dunia. Itu pikiran-pikiran negatifku selama hampir dua bulan. Selama itu, ngelakuin apa-apa jadi males bahkan mau nyari kerja aja males. Sampe akhirnya aku mikir, aku nggak mungkin begini terus-terusan, aku harus berusaha ngerubah mindsetku soal kegagalan. Kegagalan itu bukan akhir, bukan hal yang buruk, selama kita berpikir positif. Ya gak? Iyalah! Justru kegagalan adalah perjalanan awal kita. Kita juga nggak boleh takut gagal. Selama masih muda, habiskan jatah gagalmu! Itu yang selalu kutanamkan dalam pikiranku. Memang sulit, sih, apalagi kalo godaannya ngeliat temen-temen pake almamater mereka, duh makin patah hatiku.

Selain berpikir positif, ibadah itu juga perlu. Serius. Kita tetep berusaha tanpa lupa berdoa. Karena doa tanpa usaha adalah sia-sia, usaha tanpa doa adalah sombong. Apapun hasilnya, serahin ke Allah SWT. Setelah satu bulan menanamkan prinsip itu, akhirnya muncullah jawaban, ternyata aku harus kerja. Itu jawaban yang Allah kasih ke aku lewat temenku. Temenku yang awalnya jarang ke rumah, entah kenapa hari itu tiba-tiba ke rumah ngasih lowongan kerja di tempat dia kerja. Dia jelasin kalo gajinya nggak seberapa tapi insh Allah itu berkah. Dan ya aku nggak nolak karena itu jawaban dari Allah langsung.

Dari kerja itu, aku dapat pengalaman banyak. Mulai dari bagaimana bersabar, tepat waktu, apa itu toleransi, apa itu pengorbanan dan kepercayaan diri. Kenapa? Karena aku nggak pede sebenernya harus ngomong di depan banyak orang tapi karena tuntutan pekerjaan, mau gak mau, suka gak suka, aku harus bisa ngelawan ketakutanku sendiri.

Selain pengalaman, aku juga ngrasain gimana susahnya cari uang dan bagaimana uang dengan mudahnya membuat kita terlena. Serius, rek! Gaji pertamaku habis karena skinker yang sebenernya nggak aku butuhin dan itu berulang sampe gajiku yang ketiga hehe. Senikmat itu kesalahan yang kubuat. Tapi, ada sisi lain yang aku rasain disitu. Apa? Gaji yang kupake beli skinker itu ternyata berkali lipat dari perkiraanku. Bukan nominalnya tapi manfaatnya. Paham gak sih? Meskipun gajiku 500 ribu, tapi aku bisa beli skinker, ngasih adikku hadiah, belliin keluargaku makanan. Bayangin dengan gaji 500 ribu, aku bisa ngasih keluargaku kebahagiaan kecil wkwk (bagiku bahagia itu makanan rek). Dan lebih menakjubkan lagi, aku masih bisa jajan karena kalopun gajiku habis, ada aja uang yang masuk ke dompet padahal aku juga nggak kerja sampingan. Awesome, gak? Iya harus!

Itu yang aku rasain selama tiga bulan pertama kerja, dan tiga bulan berikutnya aku mulai sadar kalo bukan skinker yang aku butuhkan hehe. Nggak lama, ada juga yang mengajukan diri buat les di aku. Pelajaran smp yang banyak orang sudah lupa tapi Alhamdulillah aku belum hehe. Bertambahlah kesibukanku. Ini juga jawaban dari Allah loh!

Aku cuma kerja enam bulan dan berakhir hanya memberi les private ke salah satu adik kelasku waktu SD yang kebetulan adik dari temenku. Nggak banyak hambatan. Dari les private ini, aku digaji 200 ribu/bulan. Lebih kecil dari gajiku yang dulu, kan? Tapi lagi-lagi aku dapet sesuatu yang bermanfaat kayak yang aku jelasin di atas. Selama hampir tujuh bulan ngasih les private, aku lebih banyak sharing dan ngasih pegangan ke muridku (cielah:v) karena dunia waktu SMA/SMK itu indah engganya tergantung kita, bukan tergantung sama omongan orang dan JANGAN PACARAN. wkwk

Oh ya, setelah memutuskan untuk kerja, aku berencana ikut SBMPTN tahun depan. Syukur sekali aku masiih bisa ngerasain SBMPTN meskipun bukan di jurusan yang kuinginkan. Dulu, aku milih saintek karena memang aku lulusan IPA. Aku mikir kalo IPA nggak boleh alih jenjang, kasihan yang IPS kebanyakan diambil IPA. Tapi untuk SBMPTN selanjutnya monmaap aku bodoamat yang penting aku kuliah hehe peace! Selama ngasih private, aku juga belajar buat SBMPTN. Aku selalu berdoa ke Allah semoga tahun ini aku lolos, semoga tahun ini aku bener-bener bisa buktiin ke orang-orang kalo gagal itu bukan akhir tapi awal. 

Semua usahaku dan doaku selama satu tahun dibuktikan lewat UTBK. Aku berperang melawan soal-soal yang masih asing di telinga. Ya gimana ya, anak IPA alih ke IPS itu kayak ada beda-bedanya gitu. Biasanya berhitung rumus yang bikin kepala pecah, terus jadi hafalan yang bikin kepala pecah juga sih.

Selain SBMPTN, aku juga ikut UMPTKIN. Sudah ngerti kan ya artinya?

UMPTKIN juga begitu ges, ada bahasa arabnya ya Allah kuingin menangis hehe.

Selama nungguin pengumuman tanpa kepastian itu, aku nyari kesibukan lagi yaitu kerja di luar kota. Ya meskipun cuma magang sih, tapi ya hitung-hitung juga nambah pengalaman. Dan selama itu juga aku gak pernah berhenti berdoa, gak pernah berhenti berpikir positif ke Allah.

Dan taraaaaa, aku diterima dua-duanya. Hal yang gak pernah aku duga. AKU DITERIMA SBMPTN DAN UMPTKIN. Padahal aku nggak pernah ngira kalo aku mampu masuk universitas yang bisa dibilang universitas ternama dan universitas religi yang bagus di Surabaya, Tapi rek, ini masih pencapaian belum kesuksesan yang sesungguhnya. Dan sekali lagi, ini adalah AWAL. Aku mengawali kehidupan baruku di universitas. Kalian yang kenal aku pasti tau aku milih apa hehe.

Kalian pasti bakal ngomong di dalam hati,
buat apa nulis ini
kenapa panjang banget
kenapa sih ga penting
dan lain-lain.

Nah! POSITIVE THINKING!

Semua kalo dilihat dari hal yang positif pasti hasilnya positif kan ya?
Seperti itu.

But,
Aku ingin kalian tau tujuanku menulis ini karena aku ingin menyampaikan bahwa ALLAH ITU MAHA BAIK.

Kenapa aku ngomong gitu? Karena aku ngerasain sendiri. Allah itu bakal ngasih apa yang KITA BUTUHKAN bukan apa yang KITA INGINKAN. Allah itu Maha Tau, tau jalan mana yang seharusnya buat kita meskipun jalan itu dipenuhi kerikil tajam yang melukai telapak kakimu tapi itulah maksud dari luka, membawamu pada hal yang tidak pernah kamu kira. Kuncinya, berdoa, berusaha dan tawakkal. Udah. Ada temenku juga yang ngomong kalo kuncinya: Pikir mimpimu, Percaya kalo kamu bisa, Lakukan sesuatu untuk mewujudkan! Bahasa kerennya, Dream, Believe and Action.

Dari kisahku, untuk kalian yang membaca ini, petik hikmahnya ya.
Coba tulis di kolom komentar, apa hikmah yang kamu baca dari kisahku?

PERCAYA SAMA ALLAH YA, REK, ALLAH ITU MAHA BAIK. SUNGGUH.

Oke, sekian curhatnya. Aku capek ngetiknya panjang rek.

Dadaahhhh Goodbye mwa luvyu
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments